Sabtu, 12 November 2011

Mematikan Yang Tidak Diinginkan Pada Windows 7

Mematikan Kotak Dialog Konfirmasi Penghapusan
Setiap kali Anda menghapus file, Windows bertanya "Apakah Anda yakin ingin memindahkan file ini ke Recycle Bin?" Ini memang baik, yaitu untuk mencegah Anda menghapus file secara tidak sengaja. Namun, jika mencoba untuk melakukan bersih-bersih dan perlu menghapus banyak file, Anda mungkin tidak ingin ditanya setiap waktu. Untungnya, ada cara mudah untuk mematikannya. Klik kanan pada Recycle Bin, dan pilih Properties dari menu. Anda akan melihat kotak dialog Properties Recycle Bin, dan perhatikan Display delete confirmation dialog di bagian bawah. Hilangkan saja tanda centangnya, dan tutup kotak dialog. Tidak ada lagi pertanyaan!

Mematikan Power Management 
Jika menggunakan komputer desktop, maka kemungkinan besar Anda tidak ingin komputer untuk tidur secara otomatis. Terlebih lagi jika Anda menjalankan Windows 7 atau Vista dalam mesin virtual untuk tujuan pengujian. Untuk mematikan Power Management pada Windows 7, klik icon Power pada Notification Area, lalu klik More power options. Di bawah bagian Additional plans, pilih High Performance, lalu Change plan settings. Kemudian ubah semuanya ke Never, dan simpan perubahan.

Mematikan Program Compatibility Assistant
Jika Anda seorang administrator muncul terusmenerus dapat mengganggu. Kita lihat bagaimana menonaktifkan fitur ini, jika Anda bosan melihatnya. 
Ketika sedang mengonfigurasi workstation pada domain atau bahkan pada komputer lokal, ini dapat sangat berguna untuk menghemat waktu. Perlu dicatat, PCA memonitor program apakah mempunyai masalah kompatibilitas dan dapat sangat bermanfaat bagi user biasa. Tip ini ditujukan untuk power user dan administrator
Klik pada Start dan ketik services.msc ke dalam boks pencarian dan tekan [Enter]. Gulung daftar ke arah bawah, sampai Anda menemukan Program Compatibility Assistant Service, dan klik Stop. Anda akan melihat kotak dialog Service Control ketika sedang dimatikan. 
Jika melakukan multiple reboot, Anda mungkin ingin sepenuhnya mematikannya. Masukkan gpedit.msc ke dalam boks pencarian menu Start, dan tekan [Enter]. Buka User Configuration\Administrative Templates\Windows Components\Application Compatibility. Kemudian pada sisi kanan di bawah Setting, klik dua kali pada Turn off Program Compatibility Assistant. Sekarang, klik pada Enabled, kemudian klik Apply, dan OK, lalu tutup Local Group Policy Editor
Sekali lagi, kami tidak menyarankan user biasa untuk mematikan PCA karena dapat menyebabkan konfl ik dan ketidakstabilan sistem. Namun, untuk power user dan administrator, mematikan PCA dapat menghemat banyak waktu dan menghilangkan frustrasi.

Mematikan System Restore
System Restore merupakan fitur untuk mengembalikan instalasi software, driver, dan pembaruan lainnya. Yang dibutuhkan untuk itu adalah sejumlah ruang harddisk. Jika Anda ingin mematikan System Restore, sangat sederhana. Hanya saja perlu diketahui bahwa Anda tidak bisa lagi mengembalikan perubahan. Klik kanan pada Computer, dan pilih Properties. Klik pada link System protection di sisi kiri. Setelah Anda melakukannya, Klik tombol Configure bawah daftar drive. Sekarang cukup klik tombol radio untuk mematikan System Restore. Hanya itu yang perlu anda lakukan.

Menghilangkan ”Send to” pada Windows Explorer
Mungkin Anda pernah berpikir apakah bisa menghilangkan Send to pada Windows Explorer. Tentu saja, Anda bisa menghilangkannya dengan mudah, yaitu dengan mengubah registry. Oleh karena itu, Anda tentu pasti sudah tahu risiko dari mengubah registry. Jalankan Registry Editor, dan buka key HKEY_CLASSES_ROOT\AllFilesystemObjects\shellex\ContextMenuHandlers\SendTo. Cari nilai (Default) di sebelah kanan, klik ganda, dan hapus nilainya, lalu biarkan kosong. Perubahan akan segera diberlakukan. Untuk mengembalikan ”Send to”, ubah key registry ke {7BA4C740-9E81-11CF- 99D3-00AA004AE837}

Mematikan Popup Sticky/Filter Keys 
Apakah pernah ketika melakukan sesuatu, seperti bermain game misalnya, muncul popup Sticky Keys? Anda jawab No, dan kemudian menghilang. Namun, muncul kembali keesokan harinya. Berikut adalah cara membuatnya pergi untuk selamanya. 
Jika Anda tidak menangkap yang saya maksud, coba tekan tombol [Shift] lima kali dengan cepat. Ya, menjengkelkan bukan? Fitur ini mungkin sangat membantu bagi sebagian orang, tapi benar-benar menjengkelkan untuk kita semua. Pergilah ke Control Panel, buka Ease of Access Center, dan cari link Make the keyboard easier to use
Setelah Anda berada di situ, pastikan boks Turn on Sticky Keys dan Turn on Filter Keys tidak dicentang, yang berarti fitur ini tidak aktif pada saat ini, tapi bukan berarti popup akan lenyap. Untuk itu, Anda harus mengklik Set up Sticky Keys atau Set up Filter Keys (atau keduanya). 
Untuk mematikan popup Sticky Keys, hilangkan tanda centang pada boks Turn on Sticky Keys when SHIFT is pressed for five times. Sedangkan untuk mematikan popup Filter Keys, hilangkan tanda centang pada boks Turn on Filter Keys when right SHIFT is pressed for 8 seconds.

Mematikan Thumbnail Preview pada Windows Explorer
Jika ingin mempercepat browsing di dalam Windows Explorer, Anda bisa mematikan thumbnail preview. Untuk melakukan perubahan ini, klik tombol Organize pada folder manapun, dan pilih Folder, lalu Search Options dari menu. Klik tab View, dan kemudian beri tanda centang Always show icons, never thumbnails. Klik OK, dan Anda sudah selesai.

Mematikan Fungsi Lock (Windows+L)
Seperti kita ketahui, ketika tombol [Win]+L ditekan, maka komputer akan dikunci. Apakah Anda menyadari bahwa Anda juga dapat mematikan fungsi ini dengan mengubah registry? Jalankan Registry Editor dan buka HKEY_CURRENT_USER\Software\ Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System. Buat DWORD Value bernama DisableLockWorkstation di panel kanan, dan berikan nilai 1. Perubahan segera diberlakukan, Anda tidak perlu melakukan restart.

Menghilangkan Teks Icon Desktop
Beberapa icon sudah cukup jelas sehingga tidak perlu harus ada teks di bawahnya untuk menerangkan fungsi icon tersebut. Salah satu contohnya adalah icon untuk Internet Explorer. Kita semua sudah terbiasa dengannya, dan adanya teks hanya membuatnya jelek. Klik kanan pada shortcut, dan pilih Rename. Sekarang, tahan tombol Alt dan ketik 255 pada keypad di sebelah kanan keyboard. Anda tidak dapat menggunakan tombol nomor di atas keyboard, mereka tidak akan bekerja. Jika memiliki laptop, Anda dapat menghidupkan Numlock, dan kemudian gunakan tombol angka kecil di samping huruf-huruf biasa (Anda mungkin selalu bertanya-tanya untuk apa mereka). 
Untuk shortcut pertama, cukup tekan tombol [Alt]+255. Untuk shortcut selanjutnya, Anda harus memasukkan kombinasinya dua kali ([Alt]+255, [Alt]+255). Untuk yang ketiga, 3 kali, dan seterusnya. 
[Alt]+255 adalah karakter kosong, sehingga nama shortcut sebenarnya kita ganti dengan karakter yang benar-benar kosong. Karena Anda tidak bisa memiliki dua shortcut atau file yang namanya sama persis, shortcut kedua harus diberi nama dengan dua karakter kosong. Sekarang, kita memiliki icon indah pada desktop, tanpa teks yang mengganggu di bawahnya.

Menyembunyikan Drive dari Computer
Jika ada drive di My Computer yang tidak pernah diakses, seperti USB flash drive yang Anda gunakan hanya untuk ReadyBoost, floppy drive, atau drive jaringan yang hanya digunakan untuk software tertentu, Anda mungkin ingin menyembunyikan drive dari Computer Anda. 
Kita hanya akan menyembunyikan drive dari tampilan layar, aplikasi dan perintah prompt masih tetap bisa akses ke sana, dan Anda masih bisa browse ke folder secara manual jika Anda ketik di path. Jalankan Regedit Editor dan buka key HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ Policies\Explorer. Jika belum ada, buat DWORD Value bernama NoDrive di panel kanan. Nilainya berupa angka 32-bit yang disusun dalam urutan terbalik dengan nilai 1 menyembunyikan drive. 
Sebagai contoh, jika kita ingin menyembunyikan drive A: dan F: kita harus mengeset nilainya ke 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0 0 1. Dengan mengonversi 100001 ke desimal, kita dapat nilai desimal 33 atau nilai hex 0x21. Jadi, klik ganda DWORD Value, pilih Decimal, dan kemudian masukkan 33 ke dalam kolom Value data. Untuk melihat perubahan, Anda harus me-restart explorer.exe, yang dapat dilakukan dengan mudah dari Task Manager atau cara lama dengan hanya log off dan log on kembali.

Menyembunyikan Icon Recycle Bin 
Mungkin Anda tidak pernah menemukan recycle bin pada desktop berguna. Oleh karena itu, kenapa tidak disembunyikan saja? Klik kanan pada desktop, pilih Personalize, lalu pilih Change desktop icons di sisi kiri. Selanjutnya, cukup hilangkan tanda centang dari boks Recycle Bin.

Mematikan Sementara Automatic Reboot Windows Update
Anda sedang melakukan sesuatu yang penting di komputer, lalu muncul kotak dialog Restart your computer to finish installing important updates yang meminta Anda untuk me-restart komputer. Memang, Anda dapat menundanya sampai 4 jam, tapi kemudian kotak dialog tersebut akan muncul lagi. Jika sedang men-download file penting, Anda mungkin tidak ingin komputer untuk reboot secara otomatis. 
Cara cepat untuk mematikan reboot pada sesi tersebut adalah dengan menghentikan service Windows Update. Anda dapat melakukannya dengan membuka command prompt Administrator. Setelah di prompt, ketik saja net stop "windows update". Jangan khawatir, service ini akan segera dijalankan kembali ketika Anda me-reboot komputer, tapi setidaknya Anda tidak perlu lagi berurusan dengan kotak dialog restart.

Menghapus Service
Jika Anda adalah penggemar tweaking, mungkin menemukan bahwa dari waktu ke waktu daftar service Windows semakin besar dan berat, dengan sejumlah besar service tidak dijalankan. Alih-alih hanya mematikan service, Anda dapat benar-benar menghapus service. Ini dapat sangat membantu jika ada software yang tidak ter-uninstall dengan benar, dan meninggalkan item dalam daftar service. Anda harus berpikir panjang sebelum menghapus suatu service karena sangat sulit untuk mendapatkannya kembali. 
Hal pertama yang Anda harus lakukan adalah mengidentifikasi nama service, jadi buka Services melalui menu Start atau Control Panel, dan kemudian cari service yang ingin Anda hapus dalam daftar. Buka properties service dengan mengklik dua kali pada nama service, dan kemudian sorot nilai Service name, dan copy ke clipboard. Inilah yang akan kita perlukan untuk mematikannya. Buka command prompt Administrator. Kita akan menggunakan perintah sc untuk melakukan pekerjaan sebenarnya. Syntax untuk menghapus service adalah sc delete ServiceName. Jika nama service berisi spasi, Anda harus menulis nama service dalam tanda kutip, misalnya sc delete "Smart Card". Gunakan tombol [F5] untuk memperbarui daftar service. Anda akan melihat bahwa service tersebut hilang.

Good Luck agree5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
; MapleStory Finger Point